rss
email
twitter
facebook

Jumat, 30 November 2012

Public Speaking

Kalian pernah denger kan public speaking? Sebenernya kita sudah pernah bahkan setiap hari pun kita melakukan aktivitas public speaking namun kadang kita tidak menyadari hal tersebut. Jadi kira-kira apa sih public speaking itu sebenarnya?
Nah inilah yang akan kita bahas kali ini, Public Speaking menurut pandangan saya adalah sebuah kegiatan dimana dilakukan oleh seseorang yang mana orang tersebut berada sebagai pembicara pada sebuah forum yang dihadiri oleh para audien. Nah orang yang menjadi pelaku public speaking ini kadang disebut sebagai public speakers.
Belajar dari pengalaman ketika menjadi seorang public speakers itu memang sangat susah sekali namun hal itu terjadi ketika kita belum mengerti bagaimana cara untuk menghandle semua trouble-trouble yang dijumpai itu, sekarang kita ulas satu persatu apa yang harus kita lakukan atau persiapkan untuk menjadi seorang public speakers

1. Percaya Diri Full

Ini merupakan satu masalah yang paling dasar untuk menjadi seorang public speakers. Jadi untuk menjadi seorang public speakers yang baik kita harus benar-benar percaya diri, kita harus yakin bahwa kita itu pantas menjadi seorang public speaker, kita harus yakin bahwa audiens itu bodoh atau tidak tau tentang materi yang akan disampaikan jadi seolah-olah anda adalah seorang yang paling menguasai materi itu

2. Bangun Mindset Positif

Ini juga sangat diperlukan sekali untuk menjadi public speakers yang baik. Sebelum kita mulai momong di depan publik hal ini yang membuat kita menjadi percaya diri. Bangunlah sebuah pemikiran-pemikiran yang bagus misalnya ketika saya berbicara maka para audiens akan Intertest dengan saya, materi yang akan saya sampaikan mendapat respons yang sangat baik, dll.
Kadang musuh kita membuat sebuah jebakan betmen agar mental kita down saat kita akan mulai berbicara depan umum, namun dengan terbiasanya kita bangun indset yang positif maka kita tidak akan terpengaruh dengan omongan-omongan yang membuat kita down

3. Perbanyak wawasan

Untuk menjadi public speakers yang baik tentu kita harus banyak tau keadaan sekitar apalagi tentang isu atau wacana tentang materi yang berkaitan. Mengapa sih kita harus memperbanyak tentang wawasan? ya tentu saja penting agar ketika kita kehabisan kata-kata tentang materi yang akan kita bahas kita bisa mengalihkan perhatian para audiens ke arah isu atau wacana yang lain, namun tentu saja yang ada hubungannya dengan materi yang kita uraikan sebagaimana mestinya.

4. Beri kata mutiara di akhir

Ini juga faktor sangat penting sekali saat kita menjadi public speaker. point ini sangat penting sekali ketika materi atau uraian yang kita paparkan serasa tidak masuk atau kurang dapat diterima oleh para audiens. Jadi pilih satu kalimat yang kiranya dapat mewakili untuk menutup penyampaian anda kepada para audiens. Ambil kalimat yang dikutip dari para tokoh-tokoh terkenal, ini akan membuat para audiens terlena atau terkesima dengan kutipan anda, dan ini akan membuat para audiens akan sedikit terlupa akan kekurangan-kekurangan pada penyampaian materi anda.

5. Jangan tatap mata para audiens

Ini juga faktor yang sangat mempengaruhi penampilan anda saat menjadi public speakers. Jika anda merasa kurang percaya diri terhadap penampilan anda didepan panggung sebaiknya jangan sekali-kali untuk menatap mata para audiens, ini akan membuat anda menjadi tambah nervous. Namun untuk mensiasatinya yaitu anda cukup menatap kening dari para audiens, hal ini setidaknya dapat mengurangi rasa nervous pada diri anda.

0 komentar:

Posting Komentar